Strategi Meningkatkan Jumlah Follower di Sosial Media Marketing

sosial media marketingJumlah follower di sosial media sekarang memang menjadi tren bagi sebagian orang, tujuannya bermacam-macam, ada yang bertujuan hanya ingin sekedar axis untuk kepuasan diri ada juga yang bertujuan untuk meningkatkan bisnisnya.

memiliki banyak follower di social media bisa memberikan 3 manfaat besar

  1. Otoritas – kita dipercaya sebagai orang yang ahli
  2. Pengaruh – ide yang kita tanamkan menyebar luas
  3. Penjualan – jelas, banyak orang = banyak pembeli

Pertanyaannya: BAgaimana caranya biar bisa mendapatkan banyak follower?

Sebelum lanjut lebih jauh, Anda perlu mengetahui Jenis Sosial media apa saja yang paling bagus dan tinggi persentasenya.

Maksudnya Jenis sosial media apa saja yang paling sering dan banyak digunakan oleh orang-orang diluar sana.

Karena sosial media marketing tujuannya bukan untuk langsung menjaul barang. Tujuan utamanya adalah untuk membangun brand bisnis agar orang-orang bisa percaya dan dan mersa dekat dengan anda dan bisnis anda.

Oleh karena itu perlu menentukan jenis sosial media yang tinggi persentasinya yang sering digunakan banyak orang. Apa sajakah Sosial media tersebut?

Sosial media tersebut adalah Facebook, Twitter, dan Instagram.

Tiga sosial media tersebut pastinya tidak asing lagi di telinga anda. Nah kalau anda sudah kenal dengan tiga sosial media tersebut langkah selanjutnya adalah menjalankan stratreginya.

Apa strateginya?

Berikut adalah strateginya:

>>1. Konten

Buat konten yang bermanfaat

Apapun teknik yang anda terapkan, kalau kontennya tidak bermanfaat maka tidak akan bisa berhasil.

Jangan membuat konten yang tidak ada manfaatnya untuk orang lain, karna orang lain tidak tidak akan peduli dengan diri Anda, Ingat orang lain hanya perduli dengan diri mereka sendiri.

Jadi kalau anda baru mulai membangun bisnis anda, pastikan bahwa konten yang anda buat harus bermanfaat orang. Entah itu bermanfaat dalam arti berguna, menghibur, lucu, informatif, dan lain-lain. Intinya, orang lain harus mendapatkan nilai manfaat dari conten yang anda buat.

+> Anda harus bisa membuat konten yang bisa dibawa pulang.

Seperti apa jenis konten yang bisa dibawa pulang??

Sebagai contoh: Bisa berupa file Ebook, presentasi, dokumen, audio, video. atau apapun yang mempunyai manfaat bagi orang-orang. Karena file mempunyai nilai lebih tinggi jika dibandingkan dengan teks biasa.  Dengan begitu Anda bisa mengunddang banyak orang.

+>Berikan opini terhadap berita/tren yang sedang hangat

Retweet konten yang menarik dan relevan.

2 manfaat dari retweet:

  • Memberikan konten yang bagus kepada follower
  • Mendapatkan reaksi positif dari pemilik tweet

Keduanya akan bermanfaat untuk bisnis anda.

+>Gunakan lebih dari sekedar tulisan.

>> 2. Strategi

Jadwalkan post pada jam-jam optimal

maksudnya waktu ketika jumlah follower yang aktif tinggi dan jumlah post dari orang lain sedikit. Sehingga post dari kita lah yang paling banyak dilihat.

Di jam-jam berapa?

Jawabannya berbeda-beda, tapi ini beberapa gambar yang bisa untuk anda jadikan patokan.

Jam di twitter

Waktu-yang-optimal-untuk-tweet

Jam di Facebook

Waktu-terbaik-untuk-post-di-Facebook

Di Facebook sebetulnya tidak ada 1 waktu yang benar-benar optimal.

Beda kategorinya, beda waktunya. Misalnya orang yang biasa menggunakan Facebook untuk hiburan mungkin akan aktif akhir minggu. Tapi orang yang menggunakan Facebook untuk urusan bisnis akan aktif hari kerja.

Jam di Instagram

Waktu-terbaik-untuk-post-di-Instagram

Itu tadi adalah beberapa gambaran jam-jam yang optimal untuk menjadwal posting di sosial media.

>>3. Relasi

>Follow orang yang bakal tertarik dengan post anda

Mem-follow orang lain merupakan cara tercepat untuk mendapatkan follower.

Agara tepat sasaran Anda bisa menggunakan fitur search di Twitter dan Instagram untuk menemukan orang-orang yang kira-kira bakal tertarik dengan konten anda, lalu follow mereka.

>Minta teman-teman sendiri untuk share/like/retweet

Dari sekedar sebuah permintaan kecil ke teman-teman terdekat, hasilnya akan jadi besar.

>Mention orang yang punya banyak follower

Apa yang kita mention?

Ini dia:

  1. Link bacaan yang kira-kira menarik bagi mereka
  2. Bertanya tentang pendapat mereka
  3. Kisah tentang mereka yang baru anda ketahui
  4. Pendapat anda tentang post mereka (bukan cuma respon)
  5. Konten dari website mereka + pendapat anda

>Bicara 2 arah dengan para follower

Apa yang membuat orang lain melakukan retweet/like/share terhadap post anda?

Karena bagus, sudah jelas. Tapi ada 1 alasan lagi.

Karena mereka merasa punya hubungan dengan anda.

Itulah pentingnya berbicara 2 arah dengan follower.

Jangan hanya ngepost 1 arah. Meskipun bermanfaat. Dengan menjalin hubungan dengan follower sendiri, mereka akan lebih interaktif dengan anda.

>Share konten milik orang lain

Mendapatkan ide untuk post di social media itu sulit, Padahal kita harus membuat banya tambah sulit. Maka dari itu, solusi terbaiknya adalah dengan membagikan konten milik orang lain.

Dengan membagikan konten milik orang lain yang anda temukan, maka anda secara tidak langsung menjalin hubungan dengan mereka.

Kedepannya, ada kemungkinan mereka akan balik membagikan konten anda.

>Buat sesi tanya jawab dengan follower

Kalau follower anda banyak berinteraksi dengan anda, maka teman-teman mereka akan mendapatkan rekomendasi untuk mem-follow akun anda.

Maka dari itu, buatlah sesi tanya jawab.

Dengan demikian para follower akan me-mention anda.

>Buat artikel daftar akun social media terpopuler dalam bidang tertentu

>Buat list di Twitter, isinya akun-akun populer yang relevan

>Buat post yang menanyakan pendapat mereka

>Perkenalkan hashtag buatan anda sendiri

>Post ulang foto-foto yang di-post oleh follower anda

>>4. Etika

>Sebisa mungkin hindari logo sebagai foto profil

>Jangan terlalu banyak promosi, dalam bentuk apapun

>Jangan gunakan tool otomatisasi, terutama bagi akun baru

>Jangan terlalu banyak ngobrol

>Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya sudah layak?”

>Jangan menjual apapun sampai target tertentu

>Jangan follow terlalu banyak akun sekaligus

>Jadilah manusia, jangan terlalu kaku

>Jangan pernah gunakan tool yang bisa menambah followers/like secara otomatis

>>5. Visibilitas

>Lengkapi profil, buat profil yang asik

>Gunakan kata kunci yang relevan di profil

>Taruh link ke akun social media di semua tempat yang terlihat orang lain

>Buat blog atau website anda sendiri

>Monitor percakapan yang sesuai keyword

>Buat artikel daftar akun social media terpopuler dalam bidang tertentu

>Pelajari dan manfaatkan fitur analytics

>Pastikan meta tag untuk social media sudah terpasang di website anda

>Analisa hashtag populer di Twitter, dan Facebook dengan tool ini

>Dapatkan endorsement dari seleb Instagram

>Gunakan hashtag di Instagram, tapi hati-hati

>Perkenalkan hashtag buatan anda sendiri

 

Iklan

Satu tanggapan untuk “Strategi Meningkatkan Jumlah Follower di Sosial Media Marketing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s